Minggu, 15 April 2012

Ciri-Ciri Tsunami

Tahukah kamu akan ciri-ciri 'Tsunami'? beberapa hari yang lalu kamu pasti pernah dengar gempa di sebagian besar Pulau Sumatra. setelah gempa pertama yang berkekuatan 8,5 skala richter, peringatan dari BMKG yaitu peringatan dini tsunami pun muncul dan sontak membuat warga panik meninggalkan bibir pantai ke dataran yang lebih tinggi. tetapi warga malah kesal terhadap peringatan itu karena dianggap 'bohong' dan membuat pusing saja. memang, tsunami tidak terjadi.

biar kamu tahu, nih ada ciri-ciri tsunami datang ke bibir pantai sebentar lagi, yuk kita simak :
  • ketika terjadi gempa bumi, letusan gunung berapi dan tanah longsor di dasar laut serta dampak meteorit, air laut seketika berangsur surut atau naik secara mendadak dari garis pantai.
  • gelombang air laut bergerak dengan cepat.
  • memiliki gelombang pasang yang tinggi amplitudonya dan panjang. Dalam beberapa kasus amplitudo gelombang dapat mencapai 50 meter. Sedangkan panjang gelombang mencapai ribuan kilometer. Kapal kapal di tengah laut tidak merasakan adanya tsunami
  • gelombang tsunami bergerak dengan kecepatan mencapai 500 sampai 1000 km perjam, tergantung dengan kedalaman laut . Biasanya membawa material lumpur laut yang cukup banyak
  • Biasanya gelombang laut itu akan menghantam pantai atau pelabuhan terdekat dalam waktu 10 sampai 30 menit.
  • berpotensi besar menghantam pantai atau pelabuhan laut yang terdekat dengan sumber tsunami.
  • Gelombang tsunami biasanya berlapis-lapis. Setiap lapisan gelombang memiliki panjang gelombang sekitar 150 meter dan membutuhkan periode waktu sekitar 10 detik.
mau tahu selengkapnya tentang tsunami? tinggal klik di sini ya sobat, see you next time...........

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar